3.23.2008

MuNdur Ke 80!


Kembali ke thn 80an, yah ini adalah hal yang sangat mengusik ingatanku dimana pada saat itu aku sedang mengalami masa perkembangan alias remaja ha...ha...apalagi sebelumnya pernah kuposting 'Balada 80 an' di bulan Mei 2007 yg lalu.
82 - 88 adalah masa SMP Putih- Biru (celana pendek) dan SMA (Putih-Abu2). banyak cerita-cerita yang masih segar diingatanku, ada 'BreakDance' dengan lagu populernya Jenifer Beals-FlashDance terus lagi suka dengan group band Duran-Duran dengan gaya potongan rambut Simon lebon, ada cerita Lupus yang selalu ditunggu di Majalah remaja Hai, pakai celana panjang ketat (pas-pas ukuran kaki, bayangkan kalau mau pakai celana saja harus pakai kantongan plastik dari ujung kaki sampai mata kaki, kalau tidak jangan harap celana gampang digunakan, ha...ha... kalau yg agak mahal ada dijual yang bahannya elastis), suka kemping dan macam-macam yg lain. salah satunya ini nih yg paling berkesan.


'...Dulu kalau tidak salah sekitar tahun 1984 aku ujian lagi semesteran di SMA, cerita nya pada tahun itu ada undian berhadiah namanya SDSB (tau kan, itu loh kependekan dari Sumbangan Dana Sosial Berhadiah) dulu itu tidak ada yang namanya razia-razia-an legal aja, di sekitar rumah banyak agen-agen yang jual SDSB. aku sering memperhatikan cara mereka ngutak-ngatik kode buntut, dibolak-balik mengartikan mimpilah, pokoknya macam-macam cara untuk memasang SDSB tersebut. entah bagaimana awalnya aku juga ikutan masang 3 lembar (aku lupa nilainya berapa per lembarnya, hi...hi...hi..). besok paginya seperti biasa aku ikut ujian, nomor SBDB yang kubeli kusimpan disaku celana Sekolah. tapi sebelum tiba di sekolah aku biasanya melewati kedai yang biasanya selalu memajang hasil undian SDSB tersebut. Kulirik hasil undian tersebut 'LJFE', setengah gak percaya sepertinya kertas undian ku ada yang kena kena! untuk menyakinkan aku pun bergegas jalan menuju sekolah, lalu kulirik kanan kiri setelah tidak ada yang melihat perlahan kuambil kertas ujian tersebut dan ternyata benar, dari 3 lembar itu ada satu yang kena, lalu kuambil 1 lembar yg kena dan yang 2 lagi kubuang! lalu akupun berjalan menuju sekolah. sesampainya di sekolah aku mengikuti ujian dengan hati yg 'berbunga' karena sudah terbayang bakal mendapat uang Rp. 150 ribu (yg kena aku pasang 'LJF'). Pada saat itu ujian 2 mata pelajaran, usai mata pelajaran pertama ada jeda istirahat. Karena penasaran dengan tebakan undian tadi dan untuk menyakinkan, iseng aku ke toilet dan langsung masuk dan kukunci pintunya, kuambil kembali kertas SDSB tadi, hah! ternyata kertas tebakan undian tadi yang kena malah terbuang! yang sekarang kupegang adalah yang salah!waduh kacau! dengan perasaan tak menentu aku pun kembali ke ruang kelas, hik! kerana penasaran dan mumpung waktu istirahat masih ada , aku kembali ke tempat dimana aku buang kertas tersebut yang kebetulan jaraknya dari sekolah tidak begitu jauh, sekitar 100 meter. dan dasar nasib lagi mujur ternyata kertas tersebut masih ada di pinggiran jalan. cepat kuambil kembali dan kubuka 2 lembaran kertas yang sudah kuremas2 tersebut dan benar saja kertas undian itu masih utuh. akhirnya aku kembali ke ruang kelas dengan hati lega..."
Kenapa aku menulis mundur ke tahun 80 an, ini disebabkan karena aku menyaksikan acara di salah satu tivi swasta yang menanyangkan acara yang mengemas era 80an.
Serunya lagi sekarang ini sudah ada milis 80an dan juga websitenya www.zona-80.com hi...hi...hi... keren, dulu itu jangankan internet, komputer aja gak pernah liat.

Nah, ditambah lagi para dedengkot 80an buat acara mingguan di MetroTV tiap minggu malam jam 22.00 wib yang tayang perdana 2 Maret 2008 yg lalu, sayangnya aku baru liat 2x dan sudah 2 kali juga aku telat mengikuti acara zona-80 an ini.

btw aku kalau ngeliat acara itu kadang senyum-senyum sendiri, lucu! (Padahal acaranya 'Sersan'. Istilah Sersan = tapi santai, yg dipopulerkan oleh group lawak 'ELIT' Sersan Prambors). bayangkan kadang di sela-sela acara tersebut diselingin dengan video 'jadul' yg dulunya hanya ada di TVRI semisal acara Aneka Ria Safari, Kamera Ria maklum dulu belum ada tivi swasta.
pokoknya siip lah.

Zona 80, masih ada! (selogan acara zona-80 di MetroTV)


3.19.2008

KiaT BerHenTi MEroKok

Iseng-iseng bongkar-bongkar folder lama, eh..rupanya aku pernah nulis tentang kiat berhenti merokok. he...he...he... padahal terapi ini gak tau manjur apa tidak. dari pada dibuang mending posting aja di Blog.




A. Semua perokok bisa berhenti merokok ! dan ini adalah fakta ! semua diawali dengan niat ingin berhenti! Banyak para perokok berat akhirnya berhenti total. (Walupun sebagian dari mereka karena ‘dipaksa’ dokter pilih berhenti atau mati! Kejam…).




Apabila ragu dalam mengambil keputusan maka anda akan selamanya tidak pernah berhenti merokok dan menjadi konsumen pabrik rokok setia selamanya, tentunya perlu mendapatkan penghargaan paling tidak batuk! Dan penghargaan terbesar adalah yg selalu mereka ‘iming-imingi’ “merokok dapat mengakibatkan serangan jantung dan impotensi, gangguan kehamilan dan janin!“ wow seramm..m…m (lumayan juga tuh semboyannya, siapa takuut!)

B. apabila jawaban anda serius, maka anda akan melalui tahap awal memulai dengan sedikit berat!

C. Kurangi Konsumsi

Banyak sekali faktor yg membuat orang banyak mengkonsumsi rokok, salah satunya pergaulan dan linkungan kerja , bahkan tingkat stres dapat pula biang penyebabnya ! ha..ha..ha….

Berhenti merokok bukan dimulai dengan hal-hal yg aneh, tetapi dengan hal-hal yg mudah untuk dilakukan, dan itu tentunya harus dibayar dengan berat hati karena sudah ‘tuman’ (kebiasaan-red).

Dilihat dari kebiasaannya top rangking perokok dapat dikategorikan dengan beberapa level :

1. Pemula/iseng

Kelompok/gerombolan ini adalah biasanya orang yg masih coba-coba atawa karena enggak enak dengan teman. Takut dibilang enggak gaul, anak mami bahkan yg sedang pustus cinta de es be(dan sebagainya-red). Biasanya kelompok ini masih dalam tahap ABG atau sejenisnya (eh jangan coba-coba ya kalo enggak mau ikut kompetisi dengan para uhuk-uhuk !) biasanya mereka-meraka enggak kecanduan tapi enggak sedikit dari mereka yg makin parah lho!.

2. Nyambil/ musiman

Kelompok ini sebenarnya adalah sempalan dari kelompok pertama dan bahkan mereka biasanya gabungan dari beberapa kelompok yg memiliki latar belakang yg berbeda.jangan heran kalau mereka keliatannya enggak pecandu tapi sebenarnya ya itu (hebat ya!, malu-malu tuh)! Kelompok ini biasanya hanya mengkonsumsi rokok pada tempat-tempat tertentu misalnya pada saat sedang sendiri dikamar tidur, ruangan-ruangan khusus seperti toilet dsb., Banyak faktor penyebab kelompok ini salah satunya adalah faktor pribadi (self problem) yg susah mendapat jalan keluar, atau juga seperti seniman enggak dapat ilham cari sana-sini enggak ketemu yah ujung-ujungnya rokok bro’ ! (kasihan sekali mereka ya, karena mereka kesepian tidak ada teman untuk berbagi hanya sebatang rokok yg dapat menghapus lara huk..huk..(sedih!))

3. Menengah

Wah kalo yg ini akibat keterusan sih, mau berhenti sayang, soalnya belajarnya susah sih! Pake’ sembunyi-sembunyi takut ketahuan ortu. (Padahal tingkat kecanduan belum begitu parah lho!) Jadi yah kalau jumpa teman, gaul ya ngerokok.

4. Berat

Kalau ini udah enggak ada komentar deh. Prinsipnya tiada hari tanpa rokok (susah ya!) kalau enggak merokok enggak konsen, enggak bisa mikir (memang hidup mikir terus! ‘Berhenti kau merokok lae’, merokok teruz matilah kau! (logat batak))

Baiklah saudara-saudara mari kita mulai pelajaran hari ini sebelum jalanan macet (si komo lewat)

Dimulai dengan membiasakan diri untuk mengurangi konsumsinya. Misalnya selama aktif dalam organisasi rokok-merokok bisa narik 3-4 bungkus perhari dikurangi untuk minggu pertama menjadi 3 1/2 bungkus misalnya, atau kalau bisa 1 bungkus (mati deh gue!) kenapa enggak !.

Minggu kedua kurangi lagi (walau dengan susah payah bo’) menjadi 2 bungkus perhari. Begitulah seterusnya sampai minggu ke-4 harus sudah bisa punya target 1 bungkus perhari (berhasil! Belum tentu, tergantung kemauan dan niat dan tidak mau ikut mendapat penghargaan dari pabrik rokok).

Apbila proses pengurangan dalam 4 minggu berhasil dengan sukses, maka langkah berikutnya tinggal sedikit lagi untuk tahap yg lebih berat lagi .1 bungkus perhari menjadi perbatang/ hari ! (wuih…)

Kalau anda sudah berhasil dengan misi 1 bungkus perhari, maka yakinkanlah diri bahwa anda telah melewati masa puber (pulang berobat-red) dengan baik begiculah seterusnya!

Ok, Next

Khusus untuk kelompok kedua (nyambi/iseng), anda adalah kelompok yg mungkin kurang sekali kepercayaan kepada orang lain dalam berbagi bermasalah atau sudah dicari solusinya masih juga bingung, stres sehingga harus juga berhubungan dengan rokok untuk merenung dalm mengambil keputusan yg pelik (sulit-red), itupun lebih baik ketimbang anda melakukan hal-hal yg negatif! Dan ini sebisa mungkin anda harus dihindari. karena kemungkinan apabila anda dalam melakukan pemecahan masalah sambil menghisap rokok dalam-dalam, bayangkan kalau saja anda lupa terlampau dalam menghisap sampai ketelan bagaimana! atau yg anda hisap api nya ! (hu..huh panas)

Untuk menggantikan cara ini dapat anda lakukan dengan cara mengepresikan masalah anda dengan bentuk tindakan ‘nyata’. Ambillah kertas kosong/polos (belum ada coretannya yg berwarna putih atau bisa juga yg berwarna jika mau) kemudian pensil atau pulpen yg berwarna kontras, sesuai dengan ‘tema’ kertas. Apbila kertas warna putih maka pupen warna gelap hitam, atau biru! (tau lah)

Sekarang saatnya anda beraksi sendirian dengan tuangkan uneg-uneg anda dengan kertas jadikan ia sahabat sejati yg dapat menerima segala masalah tanpa ada bantahan. coretin saja sesuka hati sampai puasss…rokok no way!


Menghilangkan kadar nikotin ditenggoran/Sekitar alat perasa (Ini serius lho !)

Apabila anda dapat mengurangi cara anda mengkonsumsi rokok, maka hal ini adalah hal yang sangat luaa…rr biasa ! namun tentunya kadar nikotin akan masih tersisa pada alat perasa (bukan perasaan) misalnya bangun pagi mulut akan terasa pahit, atawa karena udah agak berjam-jam enggak merokok mulut terasa asem dsb (kalianlah yg tau itu bah!).

Pengalaman dari mantan perokok berat mengatakan cara menghilangkan/melunturkan kadar nikotin pada sekitar mulut adalah dengan dengan meminum segelas kecil ‘Jeruk nipis’ yg sudah diperas dicampur dengan sedikit gula putih dan air hangat kemudian dikonsumsi setiap 2 hari sekali (tergantung kebutuhan) mudah-mudahan ini dapat ‘merontokan’ kadar nikotan pada sekitar alat perasa. Begitu seterusnya sampai rasa pahit/asem berkurang seiring kurangnya konsumsi anda terhadap rokok!

D. Apabila anda dapat melalui proses tersebut anda akan sukses! Andalah yg dapat bintan..ng..ng Tetapi jangan putus asa apabila dalam proses tersebut anda gagal. Karena ingatlah niat anda yg mulia ingin berhenti merokok dan tidak mau ikut dalam kontes pemenang si uhuk. Cobalah lagi ! sejelek-jeleknya terapi ini, minimal anda sudah berkurang dalam mengkonsumsi rokok!

Keuntungan-keuntungan bagi perokok berat

Dan ternyata Merokok juga ada manfaatnya lo!

1. Rumah enggak pernah/jarang kemalingan

Hal ini disebakan setiap malam pada saat orang-orang tidur lelap, si perokok berat batuk terus! Maling enggak berani karena menyangka yg punya rumah belum tidur !
2. Awet muda

Ini ada benarnya karena kebanyakan belum sampai tua udah tewas!
3. Macan/harimau enggak berani sama perokok berat
Anda enggak perlu khawatir apabila berjalan di tengah hutan rimba misalnya ke hutan amazon sekalipun, soalnya macan dan teman-temannya bilang ‘Hii api saja dimakan apalagi gue ya..! ‘ yuk ngacirrr…..




3.12.2008

AnDai....umPama


duh, menghayal bisa berjalan diatas awan ternyata sangat indah bisa pegang-pegang awan yang bergumpal bagaikan kapas wui....tttt.. i believe i can't fly....du...du....
ini photo yang kuambil dari pesawat MAS dari Bangkok menuju Kuala Lumpur, gak tau pasti di wilayah mana yg pasti karena gak bisa tidur selama perjalanan ya jepret aja awan-awan di sekitar




pesawat. he...he....

Hasil Smudge

Repro photo jadul yg sudah hampir rusak, Smudge! dengan PS6, akhirnya cuma baru bisa seperti ini : Salam!