10.04.2007

Nick Name!

Termotifasi dengan nama penulis 'Laskar Pelangi Andrea Hirata' mungkin kalau kita membaca selintas dalam pikiran kita adalah kemungkinan penulis adalah keturunan atau bangsa Jepang, namun ternyata dia adalah penulis yang berasal dari Melayu-Belitung , dan nama sang penulis kabarnya nya sudah pernah berganti-ganti! ha..ha..ha..

Terpikir oleh ku saat ini begitu banyak orang yang suka dengan identitas lain ketimbang nama aslinya sehingga aku mencoba mengingat-ingat dan menuliskan nama-nama tokoh yang menggunakan identitas lain untuk jadi dirinya yang sering kubaca dan kudengar.

Apalah arti sebuah nama! itu yang kadang sering kita dengar dari orang-orang yang enggan menyebutkan namanya. Namun dari mereka yang terkenal kadang sering kita jumpai nama-nama yang sebenarnya tidak ada nama tersebut dicatat di KTP atau di akte kelahiran dan kadang nama lain atau alias ini lebih terkenal (lebih dikenal) dari nama aslinya.
Banyak alasan orang untuk tidak menyebutkan atau menuliskan nama sebenarnya kedalam suatu karya atau dalam menuliskan jati diri, namun hal ini syah-syah saja.
Kalau artis atau bintang film sudah biasa, mungkin memperhitungkan faktor komersil dan lain-lain, namun aku justru lebih tertarik dengan nama-nama alias tokoh-tokoh yang lain yang kadang membuat ku ikut 'terpompa' untuk membuat 'sesuatu' yang berbeda, lihat beberapa nama orang-orang terkenal dibawah ini yang (mungkin) anda kenali :

1. Hamka (Haji Abdul Malik Karim Amrullah)
2. NH Dini (Nurhayati Sri Hardini Siti Nukatin)
3. SBY (Susilo Bambang Yudhoyono)
4. Gus dur (Abdul rahman Wahid)
5
. Pipiet Senja (Etty Hadiwaty Arief)
6.
Miing 'Bagito' (Tubagus Deddy Gumilar)
7. Iwan Fals (Virgiawan Listanto)
8. Marga T (
Marga Tjoa)
9. Remy Sylado (Yapi Panda Abdiel Tambayong)
10. Kho Ping Hoo (Asmaraman Sukowati
Kho Ping Hoo)

Banyak lagi tokoh-tokoh yang menggunakan Nama Alias bahkan (tak jarang) sampai Orang biasa (lingkungan ku sendiri seperti teman juga sering menggunakan inisial atau nama lain untuk sekedar tampil beda) juga menggunakan nama alias sebagai jati diri.
termasuk Aku! dan mungkin anda juga begitu...

wasallam,

Ade' Ns
Dm,051007


No comments:

Post a Comment